Kuda-Kuda Mitologi

watch_later Senin, 26 Agustus 2013

1. Anggitay


Anggitay adalah makhluk dengan tubuh bagian atas dari seorang wanita dan tubuh bagian bawah dari seekor kuda. Anggitay adalah centaur wanita dari Filipina dan dipercaya sebagai spesies wanita dari Tikbalang. Terkadang anggitay digambarkan memiliki tanduk tunggal di dahinya seperti unicorn. Dikatakan bahwa mereka tertarik dengan perhiasan dan batu-batu mulia.







2. Bouraq


Buraq adalah kuda yang muncul dalam kepercayaan Islam. Disebutkan bahwa dia adalah makhluk dari Surga yang bertugas mengantar Nabi. Kisah mengenai Buraq yaitu saat dia mengantar Nabi Muhammad dari Makkah ke Jerusalem dan ke Surga selama malam Isra Mi'raj. Penggambaran Buraq yaitu dia lebih kecil dari kuda namun lebih besar daripada keledai.


File:Al-Buraf Hafifa.jpg





3. Ceffyl Dŵr


Ceffyl Dŵr dikatakan hidup di kolam-kolam dan air-air terjun. Meskipun terlihat padat berwujud, namun dia terlihat menguap menjadi kabut. Dalam satu bentuk legenda Ceffyl Dŵr, sebagai kuda dia melompat keluar dari air untuk menginjak-injak dan membunuh seorang musafir yang sendirian.







4. Centaur


Centaur adalah makhluk mitologi yang memiliki kepala, tangan, dan badan bagian atas dari manusia dan memiliki kaki dan badan dari kuda. Mereka memiliki sifat yang liar, kejam, ganas, bengis, dan penuh dengan hawa nafsu birahi.











5. Cheval Mallet




Cheval Mallet dideskripsikan sebagai kuda iblis yang menakjubkan dan muncul dalam cerita rakyat sekitar Perancis. Biasanya muncul saat tengah malam dengan penampilan seekor kuda yang berwarna hitam atau putih lengkap dengan pedal dan jok. Konon siapapun yang menunggangi Cheval Mallet tidak akan kembali kecuali dengan mantra khusus.









6. Chollima


Chollima atau Qianlima atau Senrima yang berarti kuda ribuan mil, adalah kuda mitos yang berasal dari China klasik dan biasanya terlihat pada budaya Asia Timur. Kuda bersayap ini dikatakan terlalu cepat dan terlalu elegan untuk ditunggangi oleh manusia biasa.




File:Korea-Silla-Cheonmado-01.jpg





7. Each Uisge





Each Uisge muncul sebagai makhluk supernatural dalam mitologi Skotlandia. Dia identik dengan Kelpie namun jauh lebih berbahaya. Habitatnya adalah di laut, danau air jernih dan teluk. Each Uisge memiliki dua wujud, yang pertama adalah berwujud kuda yang cantik dan wujud kedua sebagai pria tampan (namun ada semacam rumput laut di bagian rambut). Dia sangat suka membawa orang ke dalam air, mencabik, memakannya dan hanya menyisakan organ hati (karena mengambang di air).




File:Eachuisge.jpg





8. Enbarr


The Enbarr of Manannán, or Enbarr of the Flowing Mane, juga ditulis secara beragam seperti Aenbharr, Aonbharr, Aonbárr, Énbarr, Enbhárr adalah nama dari kuda yang mampu berjalan baik di darat maupun di laut.










9. Glasthryn





Dalam mitologi Manx, Glashtyn adalah sejenis Goblin yang memiliki fisik seperti kuda namun biasanya memiliki badan separuh ikan. Nama Glashtyn sendiri memiliki makna "aliran".









10. Grani


Dalam mitologi Norwegia, Grani adalah kuda yang dimiliki oleh Sigurd. Grani adalah keterununan (keturunan) dari kuda yang dimiliki oleh Odin, Sleipnir.




File:Faroe stamp 391 gram and grani.jpg





11. Grytrash 




Gytrash adalah anjing hitam legendaris dalam mitologi Inggris Utara yang dapat berubah wujud menjadi seekor kuda. Disebutkan bahwa Gytrash suka berburu orang yang sedang menyendiri dan membuatnya tersesat. Namun beberapa kisah juga menyebutkan bahwa Gytrash terkadang menolong pengelana tersesat kembali ke arah yang benar. 










12. Helhest




Dalam cerita rakyat Denmark, Helhest adalah kuda berkaki tiga yang berhubungan dengan penyakit serta kematian. Beberapa saksi mata kerap melihat Helhest berjalan di sekeliling taman Gereja di seluruh Denmark. Konon Helhest juga kerap muncul saat ada upacara pemakaman.









13. Hippalectryon




Hippalectryon digambarkan dengan wujud kuda yang memiliki badan ayam jantan dan memiliki bulu berwarna kuning. Dia muncul dalam mitologi Yunani dan seringkali ditemukan sebagai motif di vase-vase kuno.










14. Hippocampus




Hippocamp adalah makhluk mitologi Etruscan yang sering juga disebut 'Kuda-Laut'. Digambarkan layaknya seekor kuda namun memiliki badan seperti ikan, bersisik, serta memiliki sirip ikan.










15. Hippogriff


Banyak yang mengira bahwa Hippogriff sama dengan Griffin. Namun sebenarnya mereka adalah dua makhluk yang berbeda. Hippogriff adalah persilangan antara Griffin dengan Kuda. Dia memiliki bagian Griffin pada bagian depan, sedangkan badan kuda pada bagian belakang. Mereka jauh lebih cepat, lebih kuat, serta lebih mudah dijinakkan dari pada Griffin. Dalam kisah abad pertengahan, Hippogriff digunakan seagai kendaraan perang Ksatria atau Penyihir.










16. Niú Tóu dan Mǎ Miàn


Ox-Head (Simplified Chinese: 牛头; Traditional Chinese: 牛頭; pinyin: niú tóu) dan Horse-Face (Simplified Chinese:马面Traditional Chinese: 馬面pinyin: mǎ miàn) adalah dua penjaga menakutkan atau tipe penjaga dari alam baka di mitologi China, dimana arwah menghadapi penderitaan sebelum renkarnasi.










17. Ipotane


Ipotane adalah versi original dari centaur.










18. Kelpie 


Kelpie muncul dalam mitologi Celtic sebagai kuda air. Dikatakan bahwa dia kuat, dan berkulit hitam (walaupun beberapa bilang kulitnya berwarna putih). Kulitnya sangat dingin (seperti orang mati) dan terkadang muncul seperti seekor kuda poni yang tersesat. Konon Kelpie juga suka berubah menjadi wanita cantik untuk memikat pria dan menarik mereka ke dalam sungai.








19. Keshi




Keshi adalah sejenis kuda iblis dalam mitologi Hindu. Dia dikirimkan oleh Kans (paman Krishna) untuk membunuh Krishna. Namun dalam pertarungan, Krishna berhasil membunuh Keshi, sehingga mendapat julukan Keshava-Sang Pembunuh Keshi. Kisah mengenai pertarungan Keshi dan Krishna dapat dibaca dalam buku ke-10 Bhagavata Purana. 










20. Mares of Diomedes


Mares of Diomedes adalah empat kuda pemakan manusia di mitologi Yunani yang dimiliki oleh Diomedes.











21. Pegasus


Pegasus (Yunani: Πήγασος; Pégasos) adalah seekor kuda jantan bersayap yang merupakan putra Poseidon dan Medusa dalam mitologi Yunani. Pegasus banyak dijumpai di dalam karya-karya seni baik YunaniRomawi maupun Mesopotamia. Pegasus merupakan makhluk yang wujudnya menggambarkan adanya hubungan antara dewa-dewa dan iblis atau monster di dalam dunia kuno dan dunia klasik.












22. Polkan


Polkan atau Palkan adalah makhluk setengah kuda, setengah manusia dari cerita rakyat Rusia yang memiliki kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. 





File:PolkanChest.jpg





23. Sihuanaba


SihuanabaLa SiguanabaCigua atau Cegua adalah karakter supranetural dari cerita rakyat Amerika Tengah. Biasanya menampakan diri menjadi wanita cantik dan seksi yang memiliki rambut indah panjang terurai dilihat dari belakang. Dia memancing pria ke dalam bahaya sebelum menengok dan menampakan wajah kudanya, atau terkadang tengkorak.


.







24. Sleipnir


Sleipnir adalah kuda mitologi berkaki delapan dari mitologi Norwegia. Sleipnir adalah kuda milik Odin, dan merupakan anak dari Loki dan Svaðilfari dan dikatakan sebagai kuda terbaik sealam raya.










25. Svaðilfari


Svaðilfari adalah ayah dari kuda berkaki delapan, Sleipnir, bersama Loki (dalam bentuk kuda betina). Svaðilfari adalah kuda milik dari raksasa yang tidak disebutkan namanya yang membangun Dinding Asgard.





File:Loki and Svadilfari by Hardy.jpg







26. Tianma




Tianma atau Tenma adalah kuda khayangan bersayap dari China yang mirip dengan Pegasus dari Eropa.










27. Tulpar




Tulpar adalah Pegasus dan Tenma dari Turki.





File:State emblem of Mongolia.svg





28. Tikbalang




Tikbalang digambarkan memiliki kepala kuda, tubuh seorang manusia dan kuku seekor kuda yang tumbuh di tempat kaki manusia seharusnya. Di daerah utara, tikbalang dianggap gangguan tetapi umumnya tidak berbahaya. Mereka senang membuat wisatawan bingung dan membuat para wisatawan tersebut membayangkan hal-hal yang tidak nyata. Wisatawan dapat dengan mudah menghentikan olok-olok dengan membalikan kemeja mereka dari dalam ke luar dan meminta tikbalang untuk berhenti mengganggu mereka.












29. Alicorn


Alicorn adalah hewan campuran antara Unicorn dan Pegasus. Kuda cantik ini memiliki tanduk seperti Unicorn dan sayap seperti Pegasus. Saking cantiknya, pengen gua pacarin, Mie Sedaaap Cup yang ada bal-balnya aja gua putusin demi Alicorn ini.












30. Kuda Sipon


Kuda sipon adalah kuda tampan dari Kelurahan Sukakuda, Kecamatan Cikuda, Kabupaten Kudajaya, Propinsi Kudanagri Utara, Negara Kekaisaran Kuda Raya. Kuda Sipon memiliki kekuatan, kecepatan, ketangkasan, dan kecerdasan yang luar biasa serta mampu mengendalikan kedelapan elemen, yaitu air, api, udara, tanah, pikiran, perasaan, raga, dan jiwa. Kuda Sipon digambarkan dengan wajah yang tampan, tubuh yang gagah dan memiliki daya tarik seksual yang tinggi. Kuda Sipon dikatakan berbulu emas seperti Akhal-Tekememiliki tubuh seperti centaur, bersayap seperti pegasus, bertanduk seperti unicorn, berkaki delapan seperti sleipnir, dan memiliki ekor indah panjang terurai seperti habis dari salon. Beberapa sumber mengatakan bahwa kentutnya dapat dijadikan bahan bakar pengganti premium bersubsidi yang beberapa waktu terakhir menjadi selebritis di media-media nasional. Berikut penampakan Kuda Sipon.





















  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.